Kamis, 20 Maret 2008

Soto Padang


Gara2 nemu kerupuk sagu merah di kardus, saya langsung pengen bikin soto padang. Bukannya apa2 sih soalnya itu kerupuk memang dikhususkan untuk menemani sang soto.

Soto Padang kesukaan saya dan suami bukan di RM Padang atau RM Hayuda yang terkenal itu tapi justru Soto Padang di warung tenda depan TB Gramedia Depok yang bukanya hanya malam hari. Rasanya lebih nendang di lidah kami berdua.

Senangnya, suami sukaa banget sama Soto Padang yang saya buat ini. Bayangkan lunch jam 12 siang, eeeh... jam 5 sore sudah pengen makan Soto Padang lagi, hehehe............ saya jadi keGRan :-p

O, iya... saya pake resepnya Mba Dewi Anwar, manteb deh :-) Saya kopas disini yah!

Ingredients:
1/2 kg Daging has dalam
1/4 kg tulang iga/kaki sapi * saya gak pake, gak ada persediaan*
2 liter air utk merebus
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar dauh jeruk
garam secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
2 cm jahe
1 sdt merica halus
2 buah kemiri

Pelengkap :
Perkedel Kentang
Kerupuk sagu merah
Soun, seduh lunak
irisan daun bawang
bawang goreng
sambal lado merah *saya pake sambal lado hijau*


Directions:
- Rebus daging dengan api kecil, masukan pekak 2 butir. Biarkan daging empuk, angkat.
- Bumbui daging dengan bawang putih halus dan garam. potong2 dadu, goreng sampai garing. Sisihkan
- Tumis bumbu halus dan bumbu2 lainnya, sampai wangi. Masukan kedalam air kaldu. Tambahkan garam dan sedikit gula sesuai selera. aduk sampai kaldu mendidih.
- Penyelesaian : siapkan mangkuk. Atur pelengkap mulai dari soun, daun bawang sledri, bawang goreng, daging goreng, dan perkedel. Siram dengan air kaldu panas. Taburi kerupuk merah. Sajikan panas dengan sambal lado.

Tidak ada komentar: