Kamis, 27 Maret 2008

Jul Bab ( Sushi Keju)


Ini sushinya orang Korea. Rasanya pun berbeda dengan sushinya orang Jepun. Penggunaan minyak wijen dalam nasi sushinya membuat harum dan gurih apalagi ditambah dengan penambahan keju sebagai toppingnya. Mudah, praktis dan enak, cocok untuk sarapan atau bekal bentou saat piknik.

Resepnya diambil di blognya Mba Ifa di Korea Selatan. Sebenarnya saya salah membaca cara pembuatan Jul Bab ini, seharusnya nori bubuk tidak dicampurkan dalam adonan nasi sushi tapi untuk taburan, nasi sushi yang sudah berbentuk kepalan ini digulingkan ke dalam nori bubuk ini ... tapi rasanya tetap enak, hihihi........



Ingredients:
2 gelas beras ( pulen ) masak hingga menjadi nasi
1 sendok makan jul bab / sushi vinegar
Kecap Asin /shoyu secukupnya
2 sendok makan minyak wijen
4 lembar nori masukkan dlm plastik hancurkan hingga berkeping2.
keju sesuai selera boleh di parut atau di belah juga bisa.


Directions:
- Setelah nasi masak , letakkan nasi dalam manggkok atau piring dengan ukuran sedang
- kemudian campurkan kecap asin , minyak wijen dan vinegar.
- aduk nasi hingga rata, biarkan nasi sedikit dingin kemudian bentuk seperti kepalan lonjong atau berbentuk persegi sesuai selera masing - masing.
- Setelah semua nasi terbentuk, masukkan dalam nori yg sudah di hancurkan tadi gulung - gulung hingga rata berbalut nori.
- Kemudian beri diatasnya potongan keju ataupun keju parut juga bisa, letakkan dalam piring dan terakhir panaskan dalam microwave sebentar kira - kira 3 - 5 menit gunanya untuk melelehkan kejunya tadi.
- Angkat dan siap untuk di sajikan.

1 komentar:

A.G mengatakan...

wah Jepang saiki kolaborasi kr bule.. ono sushi keju jg huehehe..
besok kolaborasi ma Indo ...sushi rasa jengkol kali yeee wkwkwkw