Jumat, 07 Maret 2008

Sambal Goreng Kentang Hati


Dulu, waktu di tinggal di Bekasi, saya paling suka jika ada tetangga yang hajatan. Entah itu lahiran, sunatan atau nikahan. Soalnya pasti setiap penghuni komplek perumahan yang hanya berjumlah 44 rumah itu kedapatan besek atau kotak makanan sebagai tanda syukur/selamatan. Isinya bisa dipastikan ada sambal goreng kentang hati yang merupakan favorit saya.

Sambal goreng kentang hati yang paling enak menurut saya adalah bikinan ibu saya, hehehe... sambalnya tidak kering tapi agak sedikit basah dan bumbunya pekat dan hati yang digunakan adalah hati sapi. Rasanya bener2 poll uenaaknya, pokoknya bisa makan sampai dua piring kalo lauknya ini.

Saya bikin sambal goreng ini dengan menggunakan hati ayam dan rasanya meskipun berbeda tapi tetep enak. Apalagi kalo ditambah ampela ayam pasti tambah sip, sayang saya gak punya persediaan :-(




Ingredients:

600 gr kentang, potong dadu, goreng matang
12 buah hati ayam, rebus lalu potong kecil
1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
200 ml santan *saya pake 1/2 kaleng santan ukuran 400 ml*
gula dan garam secukupnya
sedikit dashi atau penyedap rasa lainnya
minyak untuk menumis

Bumbu halus :
1 siung bawang bombay
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
4 buah cabai merah
1/2 sdt terasi bakar


Directions:
- Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan lengkuas, sereh dan salam
- Masukkan potongan hati ayam rebus dan kentang, dan bumbu2 lainnya, masak sampai harum
- Masukkan santan, aduk rata. Biarkan sampai mendidih dan bumbu meresap serta agak mengering
- Angkat dan sajikan

Tidak ada komentar: