Sabtu, 22 Maret 2008

Cup Kentang Brokoli Panggang


Udara sudah semakin menghangat dan nafsu makan juga mulai sedikit berkurang. Males makan nasi dan sengaja bikin cemilan berat yang mengenyangkan. Jadi, kita maksinya ya makan cup kentang ini aja, makan 2 cup udah cukup kenyang.

Resepnya liat di Dapur Melanie. Hasilnya enak dan gampang, sayangnya saya pakai kentangnya salah, seharusnya pakai kentang tes yang kadar airnya rendah jadi kulit luarnya mengeras dan bisa dilepas dari cup-nya. Ini dipanggang sudah sejam dan sudah coklat matang tapi sepertinya kentangnya blom kering juga. Jadi kita makannya langsung di cup-nya dengan menggunakan sendok. Soal rasa sih udah pasti enak banget, silahkan coba kalo gak percaya :-)



Ingredients :

7 buah kentang, rebus dan haluskan bersama 2 sdm mentega.
2 buah wortel, kupas dan potong2 dadu (kecil).
150 gr. brokoli, cuci bersih dan petik2 per batang.
1 butir telur ayam.
3 sdm tepung terigu
2 sdm maizena.
Daun bawang dan seledri secukupnya, iris halus.
Keju parut secukupnya, untuk taburan diatas.
200 ml susu cair.
Minyak goreng secukupnya untuk mengoles.

Bumbu :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sdt lada bubuk & pala bubuk
1 sdt garam halus
1 sdt kaldu sapi instant
1 sdm minyak goreng untuk menumis.


Directions :


1. Campur kentang yang telah dihaluskan dengan susu cair, telur ayam, wortel, seledri dan daun bawang hingga rata. Masukkan kemudian terigu dan maizena aduk kuat hingga rata. Sisihkan.
2. Sementara itu haluskan kedua macam bawang kemudian tumis hingga harum, angkat dan tuangkan kedalam adonan kentang tadi, aduk hingga rata. Masukkan sisa bumbu yang lain sambil terus aduk hingga rata. Siapkan cetakan cup dan olesi masing2 cetakan dengan minyak goreng.
3. Tuangkan adonan secukupnya dalam cetakan dan selipkan 1 batang brokoli pada bagian tengah adonan dan taburi parutan keju diatasnya, begitu seterusnya hingga adonan habis. Panggang dalam oven 180° temperatur, hingga matang kecoklatan.
4. Hidangkan brokoli panggang ini bersama ketimun dan cabe rawit atau mayonese sebagai pelengkap.


1 komentar:

Elsye mengatakan...

Piiiipp..kayaknya gue mau nyontek neh...qiqiqiqi thankss yaaa