Jumat, 28 Maret 2008

Pepes Ikan Kembung

Akhirnya... kesampaian juga ngidamnya saya dengan pepes ikan yang benar2 menggunakan daun pisang sebagai bungkusannya. Seneng banget rasanya... makan ini sambil meler2 hidungnya karena ditambah sambal terasi dan agak mau nangis karena gimana gitu rasanya, bahagia campur nikmat, hihihi... *hiperbola banget deh :-p*



Ceritanya kemaren, pas ikut pengajian, ada temen yang baru pulang dari Indonesia, mba Ivon. Dan dia bawa daun pisang banyaaak banget dan saya kedapetan gitu. Meski cuma dua lembar, saya girang bukan main dan sampai bingung mo dibikin apa, mulai dari arem-arem, kue nagasari, lemper, pepes ikan, pepes tahu semuanya nemplok di kepala. Akhirnya diputuskan bikin pepes ikan dulu karena di freezer ada ikan kembung 3 ekor yang sudah dibersihkan.
Lihat resepnya di wikibooks Indonesia, dan dimodifikasi sedikit oleh dapur pippi. Saya tidak menggunakan kemangi karena memang gak ada disini dan daun bawang diganti dengan daun kucai. Alamaaak rasanya nendang abis, harum daun pisangnya itu loh, dan saya makannya langsung di daun pisang itu sampai licin, tak bersisa kecuali tulang ikan :-p


Ingredients :

3 ekor ikan kembung, bersihkan lalu sayat2 dagingnya
daun pisang untuk membungkus
1/2 sdt garam
2 mata asam jawa, remas2 dengan sedikit air
2 buah tomat, iris tipis
1 batang sereh, bagi tiga bagian
6 lembar daun salam
6 batang daun kucai

Bumbu halus :
1 siung bawang bombay
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm jahe
1 sdm cabai giling/chili paste
1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng


Directions :
- Rendam ikan kembung yang sudah dibersihkan dengan 1/2 sdt garam dan air remasan asam jawa, biarkan sedikitnya 30 menit agar meresap. Setelah itu cuci bersih ikan.
- Campur semua bumbu halus jadi satu. Lumuri ikan dengan bumbu halus di kedua belah sisinya.
- Bungkus masing2 ikan kembung dengan daun pisang, dan dalam setiap bungkusan ikan tambahkan irisan tomat, daun kucai, 2 lembar daun salam dan 1 bagian sereh.
- Kukus ikan sekitar kurang lebih 30 menit sampai satu jam dengan api kecil agar ikan lunak dan harum serta rasa lebih enak.
- Dinginkan sebentar dan panggang diatas api/arang jika suka jenis pepes yang lebih kering *kalo saya suka yang basah, ada sedikit air tomat yang segar banget dan tambah maknyus bila bercampur dengan nasi*

2 komentar:

Sheila mengatakan...

Hahaha..."bahagia campur nikmat". Aku bisa bayangin kok...kekekek.

Aku tuh penggemar ikan kembung loh. Enak banget dimakan sama sayur asem. Sayangnya ikan kembung di tempatku susah dicari...huhuhu.

Eh, biasanya kalo gak ada kemangi, aku pake basil. Baunya hampir sama kayak kemangi. Tapi emang gak seharum kemangi.

ihsanhaqiqi.blogspot.com mengatakan...

kalo makan ini apa gak kembung ntar perut kita?
hehe . . .