Rabu, 19 Maret 2008

Bolu Kukus


Hari ini saya senaaaaang sekali. Akhirnya terbebas juga dari kutukan bolu kukus mingkem :-p Gimana enggak, saya udah bikin 4x percobaan bolkus tapi semuanya selalu mingkem gak pernah ketawa barang sedikit pun. Sampai akhirnya ada dua orang teman yang posting bolu kukus yang mekar tertawa dengan suksesnya. Saya pikir kalau mereka bisa kenapa saya tidak, hehehe.... Akhirnya dengan berbekal keyakinan dan penuh harapan dibuatlah bolu kukus ini. Sengaja dibuat warna coklat saja soalnya kita sekeluarga penggemar coklat dan kalaupun gagal, masih semangat makannya karena rasa coklatnya yang enak. Voilaaa... alhamdulillah ternyata berhasil dan mekar tertawa dengan sempurna. Benar2 bersyukur banget hari ini :-)

Resepnya saya lihat dari teman saya, Mbak Sisil yang lihatnya dari milis NCC *saya gak ikutan milis ini tapi saya berterima kasih karenanya* Rasanya enak dan hasilnya okeh banget. Thanks berat yah! Ini resepnya bolkus dasar, jika ingin rasa coklat saya menambahkan 4 sdm pure chocolate powder ke dalam adonan, atau jika ingin warna lainnya bisa menambahkan pewarna makanan didalamnya.




Ingredients :
2 butir telur
250 gr gula pasir halus
1/2 sdm emulsifier *saya pake SP*
250 gr tepung terigu
50 gr maizena
200 ml susu cair

Directions :
- Kocok telur bersama gula pasir sampai kental dan mengembang lalu masukkan emulsifier. Kocok lagi sampai adonan kental dan berwarna putih pucat.
- Masukkan terigu, maizena, dan susu cair selang seling sampai habis lalu aduk rata sampai menyatu.
- Tuang adonan ke dalam cetakan bolkus yang sudah dialasi papercup sampai penuh.
- Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Sebaiknya kukus dengan api besar agar mendapatkan bolkus yang mekar tertawa :-)

Tidak ada komentar: