Rabu, 12 Maret 2008

Kue Mangkok Pisang


Kue ini jenis kue basah tradisional khas Indonesia. Termasuk jajanan pasar juga tapi kayaknya gak semua pasar ada karena kue ini memang tidak setenar kue lapis ataupun kue nagasari. Bentuknya seperti mangkok tapi bukan kue mangkok yang atasnya mekar yang berasal dari tapai. Ini mirip kue puntir dari beras, atau kue botok roti atau kue putri ijo dari Makassar, sama-sama berbentuk mangkok.

Kue ini suka disajikan nenek saya dulu saat masih kecil. Kebetulan banget nenek saya dulunya berjualan kue-kue tradisional Indonesia, mulai dari ongol-ongol, ketan jadah, urap sayur, getuk, dll. Jadi saya bisa puas makan kue tradisional yang enak, hehehe.... Rasanya lembut dan ada parutan kelapa yang agak muda plus rasa pisang yang menyatu. Buat yang suka kue tradisional Indonesia seperti saya pasti suka deh sama kue yang satu ini, hihihi... *promosi*

Resep aslinya sih pakai pisang ambon, karena disini tidak ada saya ganti dengan pisang sunpride/cavendish yang biasa ada di supa/toko. Untuk mendapatkan rasa pisang yang manis dalam kue ini sebaiknya gunakan pisang yang sudah lembek dan sudah tercium harumnya. Kelapa parut yang agak muda pun saya ganti dengan kelapa parut kering. Rasanya tetap enak menurut saya :-) Resep sebenarnya hasil searching di sini hanya saja koq berbeda sekali komposisi plus cara pembuatannya, gak sreg aja di hati. Akhirnya saya kutak-katik lagi biar rasa yang pernah melekat di lidah ini kembali, dan alhamdulillah berhasil :-)

Catatan : kue ini sebenarnya juga berwarna putih pucat. Hanya saja karena untuk difoto biar keliatan cantik saya kasih pewarna makanan :-)



Ingredients:
5 buah pisang sunpride/cavendish yang sudah lembek, haluskan *saya pake ukuran kecil*
200 gr tepung terigu
225 gr gula pasir
200 ml santan
50 gr kelapa parut kering
4 butir telur
1 bungkus vanili
sejumput garam

Directions:
- Kocok gula dan telur sampai kental dan mengembang.
- Masukkan satu persatu, tepung terigu, garam, vanili, pisang yang sudah dihaluskan dan kelapa parut, aduk rata.
- Terakhir masukkan santan ke dalam adonan, aduk rata
- Masukkan adonan ke dalam cucing/cetakan mangkok sampai penuh
- Kukus di dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sekitar 15 menit sampai matang.
- Angkat dan sajikan

1 komentar:

A.G mengatakan...

wah mo bikin jg nih..tp syg ga py cucingnya :( dikukus pk apa ya enaknya