Minggu, 11 Mei 2008

Bola-bola Nasi Daging Telur Puyuh


Ini judul panjang amat yah! Tapi ini enak banget loh. Siapa sangka nasi yang jadi menu utama bisa diubah jadi snack yang lumayan mengenyangkan. Apalagi buat bekal bentou piknik, cocok banget deh :-)

Bikin ini karena ingat dulu pas pengajian perpisahan Mba Alin di sini, beliau bikin bola-bola nasi sayur kayak gini cuma tanpa daging dan telur puyuh. Rasanya enak banget, lumayan gurih. Kebetulan pas searching di internet banyak banget yang sudah bikin ini apalagi nasi di rice cooker masih ada nasi sisa. Males buat kamemeshi alias nasgor ala Jepun, ya sudah saya buat ini saja.

Rasanya enak banget, gurih dan pastinya ngenyangin juga. Singkat kata sih, enak juga makan nasi model baru kayak gini :-)




Ingredients:
2 piring munjung nasi putih yang pulen
2 kuning telur
100 gr daging sapi cincang
1 buah wortel, potong dadu halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
sedikit merica bubuk
garam dan gula secukupnya
2 sdm margarine untuk menumis
10 butir telur puyuh rebus, kupas

Bahan pelapis :
2 butir putih telur
tepung panir/ bread crumb/ pan ko

Directions:
- campur nasi putih dengan kuning telur mentah, aduk rata hingga menyatu dan nasi berwarna kuning muda seluruhnya.
- panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu, lalu masukkan daging cincang dan potongan wortel, aduk2 sampai daging berubah warna.
- masukkan nasi pulen dan bumbu2, aduk rata dan cicipi rasanya, sesuaikan dengan selera, masak sampai rasa menyatu. Angkat dan dinginkan nasi.
- Ambil 1 sendok makan nasi lalu pipihkan, beri satu butir telur puyuh rebus dan bulatkan nasi sambil ditekan2 agar nasi menjadi padat dan menyatu. Lakukan sampai habis.
- Celupkan bola2 nasi ke dalam putih telur lalu gulingkan ke tepung panir/bread crumb/pan ko. Goreng sampai matang dan berwarna coklat di seluruh permukaan bola2 nasi.
- Sajikan bisa dengan saus sambal/saus tomat/saus mayonaise

2 komentar:

Elsye mengatakan...

kapan2 gue contek Pi..;P, kalo dapet daging cincang gue ikutan b ikin...qiqiqiqi..;D

evida mengatakan...

qeqeqeqe...... emang di masjid deket rumah gak jualan daging2an halal gitu Sye??? bikin aja, enak koq, mirip lemper jadinya gitu