Selasa, 20 Mei 2008

Panada


Ayuuuuu............... akhirnya gw bikin panada juga. Gak nyangka ternyata resepnya manteb abis. Ini adalah panada terenak yang pernah gw coba, sueeerrr. Bukan karena bikin sendiri lalu puas makan 15 biji tanpa bayar, hehehe...... tapi ini bener2 enak bahkan kayaknya lebih enak dari buatan nyokap gw. Itu rotinya empuuk banget dan gw gilingnya tipis-tipis banget. Gw pakai ikan tongkol filet buat sashimi, dan hasilnya olala.......... it tastes so delicious.

Pengen bikin ini udah lama banget. Apalagi sejak nemu filet tongkolnya. Orang Jepun itu kan gak gitu suka ikan tongkol, mereka jarang makan ini. Biasanya ikan tongkol itu suka dibuat katsuoboshi buat kuah kaldu aja. Pun kalau dibuat sashimi itu mereka harus dimasak sebentar, jadi luarnya matang tapi dalamnya masih merah mentah. Nah, beberapa waktu lalu, di Nakamura Shop itu sale sashimi tongkol ini dan gw beli banyak soalnya murah banget. Nah, pas hari ini hangat langsung deh dimanfaatkan bikin panada ini :-)

Pokoknya puaaasss banget deh makan panada dan kayaknya gw bakalan bikin terus secara penggemar berat sama snack-nya orang Menado ini :-)




Ingredients :
Roti/Kulit :

250 gr tepung terigu protein tinggi
8 gr ragi instan
20 gr gula pasir
1 butir kuning telur
110 ml santan encer, hangat
40 gr mentega

Isian:
2 sdm minyak
275 gr filet tongkol, kukus, suwir-suwir halus
10 lembar daun kemangi
125 ml santan encer

Bumbu halus:
1 buah cabai merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdm ketumbar bubuk
1 sdt gula pasir
50 gr tomat merah, cincang
1 sdt garam


Directions :

1. Roti: Dalam satu wadah besar, masukkan tepung terigu, ragi, gula pasir, aduk rata. Masukkan telur, aduk dengan tangan, sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Masukkan mentega, uleni hingga kalis. Tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 30-60 menit hingga mengembang.

2. Isian: panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan suwiran tongkol kukus, daun kemangi dan santan. Masak sambil diaduk sesekali hingga santan terserap habis. Angkat, dinginkan.

3. Penyelesaian: Setelah 30-60 menit, kempiskan adonan roti, ambil sedikit lalu pipihkan dengan rolling pin, isi dengan 1 sdm isian, lipat dan pilin seperti memilin kulit pastel. Lakukan hingga adonan roti dan isian habis. Tutup hingga roti mengembang kembali.

4. Goreng panada dalam minyak banyak dengan api kecil, hingga kuning kecoklatan. Tiriskan dengan kitchen towel. Siap disajikan hangat.

1 komentar:

chenmarlin mengatakan...

Pi, nyomot satu yah, kelihatannya yummy banget.