Jumat, 02 Mei 2008

Strawberry Tartlet


Tadi pagi suami ngomel soalnya nemu stroberi satu box yang sudah mulai tidak segar lagi. Katanya kalo beli apa-apa yang lagi sale/diskon jangan kebanyakan, biasa aja, ntar jatohnya kebuang lagi deh. Hehehe...emang bener apa yang dibilang suami itu, jadi malu sendiri :-p Ya sudah, biar balik dipuji lagi mending dibuat tartlet atau pie aja, suami kan doyan jenis kue yang seperti ini.

Hasilnya enak banget, segar stroberinya kerasa meski stroberi yang dipake udah mo expired, hahaha........ Cuma anak-anak saya gak suka sama lapisan agar-agarnya, mungkin warnanya terlalu merah ngejreng yah kayak orang sakit mata. Kalau mau warnanya lebih soft mending ganti agar2 warna putih aja kali yah! Trus lebih bagus hasilnya kalo dihias dengan stroberi segar, sayangnya gak ada, wong bikin ini juga karena stroberinya udah gak segar lagi, hehehe...............

Btw, dapet tips dari buku resep khusus tartlet yang beli di Daiso, katanya dengan menambahkan tepung maizena pada adonan crustnya bikin lebih garing. Dan ternyata itu benar banget, kriuk...kriuk hasilnya :-)



Ingredients:
Bahan crust :
200 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm tepung maizena
175 gr margarine
1 butir telur utuh
1 sdm gula pasir

Vla :
300 cc susu segar
250 gr strawberry segar, blender halus bersama susu
2 sdm tepung maizena
2 sdm gula pasir
1 butir kuning telur

Pelapis agar-agar :
1 bungkus agar-agar warna merah
200cc air putih

Directions:
Crust :
- Kocok margarine dan gula dengan menggunakan whisk. Lalu masukkan telur lalu kocok kembali hingga tercampur rata dan warna margarine menjadi lebih pucat. Masukkan tepung terigu dan maizena lalu uleni adonan sampai tercampur rata dengan menggunakan sendok kayu
- istirahatkan sekitar 15 menit
- cetak pada cetakan tartlet, tusuk2 dengan garpu di beberapa bagian agar kulit pie tidak menggembung saat dipanggang
- bakar pada oven sekitar 25 menit pada suhu 180 dC

Vla :
- Masak susu yang sudah diblender dengan stroberi bersama gula. masukkan kuning telur yang sebelumnya diaduk rata dengan sedikit susu. Lalu masukkan maizena yang sebelumnya juga telah dilarutkan dengan sedikit susu.
- Masak dengan api kecil sampai mengental. Matikan api
- Langsung masukkan ke dalam kulit tartlet yang sudah matang

Pelapis agar-agar :
- Masak agar-agar dengan air sampai mendidih
- Masukkan panas-panas diatas tartlet yang sudah diisi vla stroberi

Penyelesaian :
- Ambil crust isi dengan 1 sdm vla, lalu siram dengan lapisan agar2.
- Biarkan dingin baru disantap...............

1 komentar:

Upyl mengatakan...

Wa.. enak nie kaya'nya.. jd ngiler.. salam knal ya Mba. aQ suka blognya. Simple n manis :)