Kamis, 01 Mei 2008

Bola-bola Makaroni


Hampir setiap hari saya selalu bikin snack, entah itu untuk sarapan atau sekedar camilan di sore hari untuk menemani anak-anak sembari menonton acara NHK. Kali ini saya buat bola-bola makaroni karena sedang menghabiskan stok makaroni yang masih banyak di lemari dapur. Disini makaroni murah banget sih, jadi kalo ke supa suka beli segambreng, suka nyetokin barang, udah kayak tengkulak aja deh saya :-p

Resepnya dari Sahabat Nestle yang diambil dari sini dengan sedikit modifikasi. Rasanya enak banget seperti makaroni schotel versi gorengannya :-) Anak saya sukanya makan ini dengan saus tomat. Kalo emak bapaknya tiada lain tiada bukan selain sambal ABC tentunya, mantaaabbbbsss.........



Ingredients:
50 g makaroni, rebus hingga lunak
50 g keju cheddar, parut
1 butir telur, kocok lepas
120 ml susu cair
1 sdm margarin
50 g bawang Bombay, cincang
100 g daging ayam cincang
1 sdt gula pasir
garam secukupnya

minyak goreng

Bahan Pelapis :
50 g tepung panir/ bread crumb/ pan ko
1 butir putih telur

Directions:
- Tumis bawang Bombay hingga layu dan wangi. lalu masukkan daging ayam, aduk hingga kering. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
- Tuangi susu, masukkan makaroni dan keju. Didihkan hingga kental lalu masukkan kocokan telur, aduk cepat dan masah hingga matang. Angkat dan dinginkan.
- Bentuk adonan yang sudah dingin menjadi bola-bola kecil.
- Celupkan bola2 makaroni dalam putih telur lalu gulingkan dalam tepung roti.
- Goreng hingga kuning kecokelatan, tiriskan. Sajikan.

Tips : Agar mudah membentuk bola-bola, taruh adonan di tengah selembar plastik, bungkus lalu pilin hingga terbentuk bola-bola lalu rapikan.
Jika akan dibekukan atau disimpan dalam kulkas, taruh bola-bola dalam wadah bertutup. Saat akan digoreng, lapisi dengan telur dan tepung roti.

2 komentar:

sefa firdaus mengatakan...

ini gak diikutin MFM Pi?
temanya lagi snacks loh ;)

Ayin mengatakan...

Pippi.. pgn nyuba ini.. anak-anak juga suka makaroni, si Jul tuh demen banged