Minggu, 04 Mei 2008

Gulai Tunjang


Dulu, nitip sama Teh Lena kikil sapi, belinya di toko halal online Bintang7. Kalo nitip kan jatohnya lebih murah soalnya ongkirnya patungan, hehehe..... Maksudnya beli kikil sih karena pengen bikin soto mie, soalnya kalo pake kikil biar lebih mantebb aja. Gak taunya bukan kikil tapi lebih menyerupai tunjang. Udah gitu tunjangnya bertulang pula. Kayaknya banyakan tulangnya deh daripada tunjangnya, hehehe....... Gak jadi masalah juga soalnya langsung kepikiran mau dibuat gulai tunjang favorit yang selalu di pesan kalo makan di warung Padang. Kebetulan juga masih punya persediaan daun kunyit yang bikin manteb rasa dan harumnya.

Baru sekarang bikinnya soalnya kelupaan karena tunjangnya nyempil dipojokan freezer, hehehe....... Enaaak banget hasilnya, empuk. Gimana enggak empuk, saya ngerebusnya 4 hari berturut-turut @ 3 jam. Jadi total ngerebusnya dengan api kecil 12 jam. Soalnya pas 3 jam pertama ngerebus alamaaaak itu tunjang keras banget. Dan baru hari ke-4 lunak, lembut, dan bisa dimakan. Yokatta ne....

Resepnya saya peroleh di tempat langganan, Mba Dewi Anwar. Cocok soalnya pas sama masakan nyokap. Cuma saya modifikasi dikit aja :-)

Saran saya sih, buat yang gak punya pressure cooker, jangan nekat bikin gulai tunjang deh, lamaaaa banget empuknya. Sabar aja, tunggu kebelet banget ngidamnya baru bikin jadi gak puyeng nunggu empuknya :-p

Tapi, terus terang, gak nyangka juga ternyata saya bisa juga bikin gulai tunjang yah!!! masih gimana gitu perasaannya :-p




Ingredients:
1 kg tunjang, rebus dulu tunjangnya sampai setengah
empuk, buang air rebusannya cuci bersih lendirnya
400 ml santan (1 kaleng), tambahkan air 600 ml
2 ruas lengkuas, memarkan
2 batang sereh, ambil bagian putihnya, keprak
5 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit, sobek2
garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu halus :
1 butir bawang bombay
8 siung bawang putih
2 ruas jahe
1 sdt kunyit bubuk
2 sdm cabe merah giling/chili paste

Directions:
- Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, masukan bumbu2 lainnya, lalu masukkan tunjang, aduk rata.
- Tuang santan , aduk2 sampai terus sampai mendidih,
- Masak sampai tunjang empuk dan kuah mengental

1 komentar:

Ayin mengatakan...

whuaaaa ada kikil.. disini mana ada :(... jadi pgn ....
pgn mbantai sapi tetangga dolo ya kl mo makan kikil wkwkwkwk