Selasa, 20 Mei 2008

Tempe Mendol


Whoaaa............. Ifa nasib saya samaan nih, tempe buatanku gagal total, kempyaarrr. Malu banget ah postingnya padahal bikinnya semangat 45. Kirain hari sudah panas pas lagi rendem kacang kedelainya, gak taunya besoknya berhari2 turun hujan dan udara dingin lagi. Padahal juga itu tempe udah diselimutin handuk juga biar hangat, tapi emang nasibnya gagal ya sutralah. Untungnya juga bikin sedikit cuma 1/2 kilo jadi gak makin blenek liat gagalnya juga. Awalnya sih karena kuciwa pengen dibuang aja tapi langsung keingetan sama Tempe Mendolnya Ifa . Ya udah dibikin ini saja. Gak nyangka enak banget ternyata, saya, suami dan anak-anak langsung suka gitu. Cuma karena takut , tempenya saya kukus dulu sebentar biar lebih ngerasa aman, hehehe.....

Ifa thanks banget yah resepnya, bikin hati senang aja meski tempeku gagal, hehehe.....
o,iya... aku utak atik sedikit resepnya soal tepung aja sih :-)



Ingredients:
400 gr tempe, kukus dan haluskan/ulek kasar
1 butir telur
4 sdm tepung terigu
1 sdm maizena

Bumbu halus :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabe rawit kalau mau pedas *saya gak pake*
2 buah kemiri
5 lembar daun jeruk purut
1 sdm ketumbar bubuk
Garam secukupnya
Gula secukupnya
2 cm Kencur

Directions:
- Campur tempe yang sudah dihaluskan ddengan telur, tepung dan bumbu halus, aduk rata.
- Bentuk adonan bisa bulat atau lonjong, lalu goreng dengan api sedang dan minyak banyak sampai matang. Angkat
- Sajikan tempe mendol sebagai lauk tambahan atau cemilan.

Tidak ada komentar: