Kamis, 08 Mei 2008

Donat Kentang


Ini cemilan sore hari buat nonton NHK. Bikin ini gara-gara lihat postingan Elsye dan resepnya kelihatan mudah sekali, jadi kepincut deh! Kebetulan sekarang, hari sudah mulai panas, jadi gak bakal takut raginya gak ngembang. Ternyata sukses euy, adonannya mengembang dan hasilnya bagus banget, empuk. Ini donatnya kurang manis jadi saya tambahkan topping dcc dan meises warna warni biar tambah menarik dan pas manisnya. Setelah mateng dan dihias langsung diserbu sama anak-anak. Enak banget hasilnya, pas buat saya :-)

Resepnya diambil dari Milis Ida Arimurti. Hasilnya banyaaak banget, jadinya 50 buah bow dengan cetakan donat kecil padahal itu resepnya buat saya tergolong sedikit, rata-rata. Mabok donat deh hari ini :-p

Buat yang mau... yuk maen ke rumah, masih banyaaaak tuh di dapur :-)




Ingredients:
3 buah kentang, kukus dan haluskan selagi hangat
250 gr terigu *bisa ditambahkan sekalisnya adonan*
1/2 bungkus fermipan / dry yeast
2 kuning telur
1 sdm mentega (dicairkan)
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
3 sdm susu bubuk

Topping coklat ala Pippi :
50 gr DCC cairkan dengan 1 sdm margarine di microwave
Meises warna-warni secukupnya

Directions:
- Campur semua bahan dan di uleni hingga kalis sambil juga dibanting-banting kira-kira 1/2 jam
- Bulatkan adonan lalu taruh di wadah baskum dan tutupi dengan kain basah hingga mengembang sekitar 1 jam
- Tipiskan adonan lalu cetak dengan cetakan donat atau bulatkan dengan tangan. Diamkan sebentar agar donat yang sudah dicetak/dibentuk mengembang lagi.
- Goreng donat dengan minyak banyak dan api kecil, bolak-balikkan donat agar matangnya merata sampai warna matang yang diinginkan.
- Angkat lalu dinginkan. Celupkan setengah bagian donat ke dalam cairan dcc, lalu gulingkan ke dalam meises.
- Sajikan dengan segelas teh hangat. Dijamin empuk dan enaaaak banget.


2 komentar:

Elsye mengatakan...

weiittss bikin juga rupanya, emang enak bow empuk, tapi emang kuran ggula juga Pi...gue juga tambahin gulanya..:P

btw, tar gue dapet resep donat lagi dari widya kalo gue bikin gue share yak :D

MiNDY mengatakan...

blom pernah nyobain donat kentang. biasa bikin pake resep andalan tante tercinta. nanti dweh klo bikin lagi, gw posting disindang. atao jangan², dirimu sut mabok donat? :D