Minggu, 04 Mei 2008

Sushi Tuna Salad


Bahasa Jepangnya Maguro Sarada Sushi. Sushi jenis ini jarang ditemui di supa-supa atau di Sushiya/Toko Sushi yang kerap menjual Nigirizushi dan Makizushi. Tapi buat yang sering makan di Kaiten Sushi pasti udah gak asing sama yang satu ini. Toppingnya yang berupa salad ditambah irisan ketimun benar2 menggoda buat dicoba. Apalagi kalo di Kaiten Sushi, ikannya bisa macem2. Ada yang dari tuna matang, tuna mentah, dan sake/salmon.

Penasaran ingin bikin sendiri buat bekal piknik ke Nara kemarin, ternyata gampang dan enaaak sekali hasilnya. Kata suami sudah mirip rasanya, hehehe ge-er deh gw jadinya. Sushi ini lumayan aman buat dikonsumsi sama anak kecil dibawah usia 3 tahun kayak si Jaja soalnya pakai ikan matang dan tanpa wasabi dan komplit pula sumber gizinya. Coba deh, pasti bakalan ketagihan bikin sushi sendiri, apalagi jenis ini yang mudah.

O,iya...buat bikin adonan nasi sushinya saya pake caranya Teh Dina yang menggunakan perasan jeruk lemon, garam, dan gula. Ternyata hasilnya enak, mirip persis sama yang biasanya :-)




Ingredients:
Nasi Sushi :
3 sendok nasi munjung nasi Jepang
1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
sedikit garam
sedikit gula

Tuna Salad/ Maguro Sarada :
50 gr ikan tuna kalengan, tiriskan minyaknya
1 buah kentang, kukus dan haluskan selagi panas
4 sdm mayonaise
1/2 batang wortel, serut halus
1/2 batang mentimun jepang, buang bijinya, serut halus
1/4 bagian bawang bombay, cincang halus

Pelengkap :
irisan nori/ rumput laut kering
mentimun jepang, iris serong tipis

Directions:
- Nasi Sushi : campur semua bahan, aduk rata lalu cicipi rasanya, sesuaikan tingkat keasaman nasi yang diinginkan. bentuk nasi dengan bantuan cetakan sushi atau jika tidak ada bisa dikepal dengan tangan.
- Tuna Salad : campur kentang halus dengan mayonaise, aduk rata lalu campurkan semua bahan, aduk rata kembali

- Penyelesaian : ambil satu kepal nasi sushi lalu lilitkan dengan potongan nori. usahakan ketinggian nasi sushi setengahnya dari ketinggian nori. beri 1 irisan mentimun jepang disatu sisi lalu beri 1 sendok teh adonan tuna salad disisi lainnya, lihat gambar dibawah ini agar lebih jelasnya :-)


3 komentar:

Upyl mengatakan...

eEmmM.... look so yummy.. mau dunkz Mba'.. btw,Jepun-Indo selisih waktu brp jam Mba' ?

evida mengatakan...

selisihnya 2 jam kalo gak salah sama jakarta/wib/waktu indonesia bagian barat, kalo sama bali sejam, kalo sama papua, gak beda :-)

vra mengatakan...

wah.. enak nih kayaknya. n halal. kapan nyoba resepnya ya..