Rabu, 07 Mei 2008

Kushidango


Ini masukan saya buat MFM#15 yang bertemakan cemilan manis dan gurih. Ini snack orang Jepun yang mudah didapat dimana-mana dan harganya pun murah. Paling enak makan ini dengan ditemani oca atau teh hijau panas. Hhmm... enak sekali.

Sekilas tentang Dango yang saya ambil dari Wikipedia. Dango (団子, Dango?) adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.

Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus yang rasanya manis light atau samar-samar. Nah.. dango yang saya buat ini adalah dango dengan saus yang sedikit manis.

Resepnya di dapat dari sini yang memang tempat kumpulan resep makanan Jepun. Dango ini mudah sekali membuatnya, cepat dan hasilnya enak. Karena hasilnya cuma 8 tusuk, pas sesi pemotretan selesai langsung diserbu anak-anak yang memang suka sekali dengan dango ini. Oishi ne...........



Ingredients:
1 1/3 cup joshinko (rice flour)
3/4 cup warm water
Bamboo skewers

For Sauce:
2/3 cup water
1/2 cup sugar
2 1/2 tbsp soy sauce
1 1/2 tbsp katakuriko (dogtooth violet starch) /cornstarch
1 1/2tbsp water

Directions:
- Put rice flour in a bowl and add warm water. Knead the dough well. Make small round dumplings.
- Place the dumplings in a steamer and steam them on high heat for 10 min. Cool the dumplings and skewer them in bamboo sticks (3-4 dumplings each stick.)
- Mix water, sugar, and soysauce in a pan and put it on medium heat. Mix the water and katakuriko starch in a cup and set aside. When the sauce boils, add the starch mixture and mix quickly. Slightly grill the skewered dumplings and brush the sauce over them.



Tidak ada komentar: