Jumat, 09 Mei 2008

Dorayaki


Semua pasti sudah pada tau kalo dorayaki itu kuenya Doraemon. Gak nyangka juga ternyata bikinnya gampang banget, kayak bikin pancake biasa trus tinggal dikasih isi selai kacang merah, jadi deh! Teksturnya lembut banget karena penggunaan telur yang lumayan banyak. Cuma sayang jadinya 8 buah pancake yang kalau ditumpuk dua berarti cuma dapat 4 buah dorayaki. Ini sih yang ngabisin anak-anak doang. Sebentar banget habisnya, untung masih bisa kefoto, hehehe.....

Saya pake wajan teflon kecil diameter 10 cm yang emang sengaja bawa dari Indonesia buat bikin pancake dan serabi. Baru kepikiran kemaren pas ngeliat resep kushidango itu juga lihat resep dorayaki, kayaknya bisa juga nih dipergunakan teflonnya. Hasilnya bagus banget deh, kayaknya bakalan bikin terus tapi jumlahnya didouble biar emaknya juga kebagian, hehehe....

Resepnya diambil dari sini. Untuk isinya saya pake kacang merah kalengan yang sudah lunak jadi cepet masak anko (selai kacang merah)-nya dan kasih gulanya juga sedikit karena sudah lumayan manis kacangnya juga. Kalo gak ada kacang merah kalengan, pake yang segar juga gak apa cuma direndam semalaman trus dikukus, dihaluskan, baru deh diolah jadi selai kacang merah. Atau kalau lebih gak mau repot yah beli jadi aja cuma saya gak tau nih belinya dimana, belum pernah nemu soalnya!



Ingredients:
1 cup tepung terigu protein sedang
2/3 cup gula pasir
1/2 sdt baking soda
3 sdm air matang
3 butir telur
minyak untuk olesan teflon

Filling Anko (selai kacang merah) :
1 kaleng kacang merah (250 gr)
1/2 cup gula pasir
sejumput garam


Directions:
Pancake/Dorayaki
- Campur 1/2 sdt baking soda dengan 3 sdm air. Biarkan sebentar
- Aduk rata telur dan gula dengan menggunakan whisk atau bisa juga dimixer sampai tercampur rata, kental dan halus.
- Masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur lalu masukkan campuran baking soda. Aduk rata. Diamkan sebentar sekitar 10 menit
- Panaskan teflon yang sudah diolesi sedikit minyak dengan api kecil . Tuang 1 sendok sayur adonan pancake lalu masak sampai matang. Ini kayak masak martabak manis, ada gelembung2 yang keluar saat adonan dimasak dan hasilnya pun berjaring-jaring. Masak sampai matang. Tidak perlu dibalikkan, kalo bagian atasnya sudah tidak berair langsung segera diangkat. Lakukan terus hingga adonan habis.

Selai kacang merah / Angko
- Campur semua bahan jadi satu dalam panci, masak dengan api kecil dan aduk terus sampai kacang merah hancur dan airnya menyusut/mengering. Sebaiknya masak sambil menekan-nekan kacang merahnya biar gampang hancurnya. Cicipi rasanya, bila kurang manis bisa tambahkan gula sesukanya. Jika sudah mengering, matikan api. Dinginkan

Penyelesaian :
- Ambil satu buah pancake lalu beri 1 sdm anko/selai kacang merah, ratakan dan tumpuk kembali dengan satu buah pancake
- Sajikan dengan segelas teh hijau hangat sambil nonton Doraemon :-p


6 komentar:

MiNDY mengatakan...

baling-baling bambuuuuuuu.. :D

Ayin mengatakan...

inget doremon

chenmarlin mengatakan...

Pi, yang dimaksud dgn kacang merah apakah kacang "kidney" ?.

evida mengatakan...

To Mindy & Ayin : ketauan lo semuanya penggemar doraemon yah, hihihi...... ntar gw kirimin dorayaki pake pintu ajaibnya doraemon yah :-p

To Chenmarlin : Iya benar, kacang merah itu red kidney beans atau kalau orang Jawa nyebutnya kacang tholo, atau orang Jepun bilangnya Azuki :-)

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/dorayaki

Diana mengatakan...

Slm kenal mbak :) Alhamdulillah resepnya sdh kucoba, uenaks, hehe... Blogmu tak masukin ke link ya?