Kamis, 08 Mei 2008

Bakwan Malang


Hari ini super telat masaknya. Kita baru makan siang jam 2-an setelah sebelumnya diprotes sama anak2 dan suami. Lapaaaaarrrr katanya, sedang saya lagi asyik ngulenin donat buat camilan sore. Buru-buru deh masak bakso yang sedari tadi sudah diadonin cuma dicuekin begitu saja demi si donat.

Gara-gara super telat ini saya gak inget foto-foto dulu buat arsip resep, hehehe..... dan baru inget ketika makanan punya saya dan suami sudah habis. Beruntung makanan Kak Icha masih penuh karena memang anaknya kalau makan harus tunggu dingin gak suka makan panas2. Jadilah bakwan malang punya Icha yang difoto dengan segala keterbatasan, lihat aja sumpitnya yang bergambar Yes Precure Go..Go. Maaf yah kalo fotonya gak bikin ngiler tapi sueerrrr rasanya enaaak banget :-)



Ingredients:
Bahan Bakso/Bakwan Malang :
500 gr daging sapi cincang
150 gr tepung tapioka
2 putih telur
3 bh bawang putih, parut
1 sdt maggie blok rasa sapi
2 sdm minyak wijen
2 sdm saos tiram
1 sdt merica
2 sdt garam

Bahan Kuah :
2,5 liter air kaldu bekas rebusan bakso/bakwan malang *bisa tambahkan tulang sapi/ayam biar kaldunya rich*
3 siung bawang putih, parut
1 sdt merica bubuk
sedikit pala bubuk
1 sdt minyak wijen
konbu dashi secukupnya
gula dan garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
kulit pangsit /kulit gyoza/wonton skin
tahu putih
mie kuning basah/udon, seduh dengan air mendidih
irisan daun bawang
bawang goreng
sambal botol
sambal cabai rawit

Directions:
Bakso/Bakwan :
- Campur semua bahan, uleni sampai tercampur rata, jika suka bakso yang lembut adonan daging ini bisa diblender.
- Untuk bakso, bulat2kan adonan bakso lalu rebus di air panas tapi tidak mendidih, masak sampai bakso mengapung. Untuk adonan pangsit/bakwan, beri 1 sdt adonan bakso ke dalam kulit pangsit lalu lipat dan goreng hingga matang. Untuk tahu, belah tengah lalu beri isi adonan dan kukus/rebus hingga matang. Untuk siomay, beri 1 sdt adonan bakso ke dalam kulit pangsit lalu kukus/rebus hingga matang. Lakukan semua sampai adonan bakso habis
- Untuk kuah : Didihkan kembali air sisa rebusan bakso *bisa tambahkan tulang bila suka kaldu yang rich*, masukkan semua bumbu dan cicipi rasanya, sesuaikan dengan selera.
- Penyelesaian : Taruh dimangkok mie kuning/udon, beri bakso, bakwan/pangsit goreng, siomay, dan tahu isi, taburi irisan daun bawang dan bawang goreng lalu siram dengan kuah bakso. Siap disantap

Tidak ada komentar: