Minggu, 25 Mei 2008

Rendang


Hihihihi............... katanya dapurnya tutup tapi koq nongol lagi. Mumpung masih ada waktu posting resep sebentar aaaah :-)

Sebelum pulang, saya janji bikinin suami rendang, soalnya doi sama sekali gak bisa masak kecuali telor goreng dan mie instan, kadang cuma pake sosis yang dipanggang di microwave atau malah kalau males dia cuma beli onigiri di QQ. Nah, karena dakuw istri yang baik, hehehe.... akhirnya dimasakin lah ini rendang.

Tadinya sih mau diposting kapan2 di Indonesia cuma karena masih ada waktu dan sempat mikir karena momentnya di Kyoto sini, keren kan bisa bikin rendang sendiri soalnya kalo di Indonesia kan gampang banget belinya secara di sebelah rumah itu katering asli Padang yang tiap hari menunya pasti ada si rendang ini.

Yuupp............ rendang ini postingan terakhir saya di dapur pippi di Kyoto, enak loh rasanya ;-)




Ingredients:
1 kg daging sapi, potong2 ukurannya sesuai selera *saya dapat 24 potong*
1200 ml santan dari 3 kaleng santan
1200 air, campurkan dengan santan kaleng, aduk rata
2 lembar daun kunyit
8 lembar daun jeruk
5 butir cengkeh
3 daun salam
1 sdt garam

Bumbu halus :
12 cabe merah thailand
5 cabe rawit
1 siung bawang bombay
7 siung bawang putih
2 sereh, iris halus
6 cm lengkuas, cincang
6 cm jahe, cincang
1 sdm ketumbar bubuk
1 sdt bumbu kari daging *saya pakai pemasak kambing no.1 Selamat Majid Hamid*


Directions:
- Masak santan bersama bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, salam, cengkeh, dan garam. Masak sampai santan menjadi kanil. Santan mengental dan mengeluarkan minyaknya.
- Masukkan daging, lalu masak daging sambil sesekali diaduk. Jika santan sudah mulai menyusut, aduk sesekali dari bawah agar daging tidak hancur dan tidak gosong.
- Masak sampai santan mengering dan menjadi dedak.
- Sajikan rendang dengan nasi hangat. Yumm..............
- Sumpaaah enak banget loh soalnya si Jaja daritadi gak berhenti nyolekin dedak rendangnya biar pedes juga, hihihi...........

2 komentar:

Henny Aosa mengatakan...

mbak piiiiii....sedih oi....ngak bisa nyicipi masakan mbak pipi!!!!klo dapurnya ngepul lagi,jangan lupa ama yang dikyoto ya mbak pi....

UmmiZoeZi mengatakan...

Asslmkm...
kalo di Jakarta cari "pemasak kambing no.1 Selamat Majid Hamid" di mana ya?