Kamis, 22 Mei 2008

Tamagoyaki Sushi


Hari ini pesta sushi. Bukan pesta sih sebenernya soalnya sushinya cuma dua jenis doang tapi biar dua jenis juga jumlahnya banyak banget, jadi kayak orang pesta deh, hehehe........... Sebetulnya ini sekaligus sarapan dan lunch soalnya tadi seharian kita pergi ke Kuyakusho buat pemeriksaan si Jaja dan alhamdulillah hasilnya ok, genki desu ne......

Sushi ini didedikasikan buat Icha dan Jaja yang emang penggemar telur sejati, hehehe.......... *ini bener2 alesan saya yang emang males masak ribet hari ini*



Ingredients:
Nasi Sushi :
3 sendok nasi munjung nasi Jepang
1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
sedikit garam
sedikit gula

Tamagoyaki :
3 butir telur
1 sdm shoyu
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt dashi
3 sdm air

Pelengkap :
Nori, gunting kecil memanjang

Directions:
Nasi Sushi :
- campur semua bahan, aduk rata lalu cicipi rasanya, sesuaikan tingkat keasaman nasi yang diinginkan. bentuk nasi dengan bantuan cetakan sushi atau jika tidak ada bisa dikepal dengan tangan.

Tamagoyaki :
- Campur semua bahan. Kocok rata sampai adonan putih telur dan kuningnya menyatu.
- siapkan teflon, oleskan dengan sedikit minyak, panaskan di atas api kecil.
- tuangkan kocokan telur, tipis-tipis aja.
- jika telur bawahnya sudah mengeras, gulung telur dan biarkan di ujung teflon.
- tuangkan kembali kocokan telur tipis-tipis dan jika sudah sedikit mengeras bawahnya gulung kembali.
- gulungkan gulungan telur pertama hingga terlapisi oleh lapisan kedua
- lanjutkan kembali dengan langkah yg sama, sampai kocokan telur habis.
- jika sudah selesai, angkat dan letakkan di atas bamboo mat
- gulung-gulung dan bentuklah gulungan telur sesuai yang diinginkan (sambil ditekan-tekan)
- jika sudah agak dingin, potong sesuai selera

Penyelesaian :
- Ambil satu kepal nasi sushi lalu beri satu irisan tamagoyaki dan ikat dengan irisan nori.
- Lekas disantap bersama saus shoyu agar lebih maknyuss :-)

1 komentar:

MiNDY mengatakan...

dirikuw gatot teyus dweh bikin tamgoyaki. padahal sut liat di youtube segala and PD klo ga bakal gagal. eeh ternyata..

ada trick-nya ga Pi. pengen nyoba lagi soalnya