Senin, 20 Oktober 2008

Chiffon Cake Pandan


Gara-gara banyak postingan chiffon cake jadi pengen ikutan bikin juga. Terus terang, pas jaman SMP saat katering nyokap masih jalan, saya pernah bantuin bikin 50 loyang chiffon cake pandan buat acara pernikahan. Sebetulnya sih persisnya gak bikin, cuma bantuin ngemikserin adonan putih telurnya aja, hehehe..... (segitu aja noraknya minta ampun :-p). Nah, sebelum ini, pernah sekali nyoba bikin kue ini sendiri, gak cuma mikserin putih telurnya doang, dan taraaaa............... hasilnya rada bantet di bagian bawahnya, gak bagus teksturnya, gak lembut dan halus. Dan baru kali ini juga tertantang bikin lagi dan kali ini penuh perencanaan matang alias pake bimbingan nyokap tercinta. Hasilnya..... netnotnet......lembut banget, just like what i want :-)

Dulu untuk pewarna hijaunya saya pake air dari tumbukan daun suji plus pandan. Tapi sekarang??? repot banget deh pake tumbuk2an segala, pasta pandan juga okeh :-)




Ingredients:
Adonan 1 :
6 butir kuning telur
1 gelas gula pasir
1/4 sdt garam

Adonan 2 :
2 gelas tepung terigu serbaguna
1 sdm baking powder

Adonan 3 :
1 gelas susu cair
1 sdm pasta pandan

Adonan 4 :
1/2 gelas minyak goreng

Adonan 5 :
5 butir putih telur, kocok kaku




Directions:
- Campur jadi satu adonan 1, aduk dengan menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.
- Campur jadi satu adonan 2, lalu campurkan sedikit demi sedikit ke adonan 1 sampai tercampur rata.
- Campur jadi satu adonan 3, lalu masukkan ke adonan 1 sampai tercampur rata atau bisa juga dimasukkan bergantian bersama adonan 2
- Masukkan adonan 4, aduk rata.
- Lalu masukkan putih telur yang sudah dikocok kaku sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Jangan sampai ada adonan yang tidak tercampur dengan putih telur karena bisa mengakibatkan bantet.
- Tuang ke dalam loyang chiffon cake yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang dalam oven bersuhu 150 dC sekitar 45 menit sampai matang. Angkat, dan biarkan sebentar, agak dingin/berkurang panasnya baru dilepas dari loyang. Ini maksudnya agar kue tidak turun.
- Enak disantap dengan teh manis hangat

4 komentar:

danish mengatakan...

mbak kue cifon pandan saya kok jadinya bantet ya padahal sudah sesuai dengan resep, tapi gak pake cetakan ciffon, apa pengaruh

evida mengatakan...

Mb Danish makasih udah komentar. Memang kalo pake cetakan bukan chiffon cake apalagi menggunakan loyang bulat/persegi tanpa lubang, bisa dipastikan akan sedikit turun bahkan bantat. Karena kue ini butuh pematangan merata dengan luas kue yang mengalami pematangan tidak terlalu lebar/luas, hehehe *binun saya ngomongnya*. Kalau Mb gak punya loyang chiffon coba pake loyang tulban tapi dialasi kertas roti agar mudah dilepaskan saat matang.

Mastrini mengatakan...

mbak kalo ga punya oven...di kukus aja bisa ga? trus kalo bisa berapa lama di kukus? trimz

Mastrini mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.