Senin, 20 Oktober 2008

Puding Gula Merah



Beberapa waktu yang lalu, Si Kakek alias Bokap akyu pergi jalan-jalan ke Semarang dan pulangnya bawa gula merah buanyaaaaak banget. Rasa manis gulanya enak banget dan karena banyak jadi kepikiran buat dibikin puding juga. Resepnya sih simpel kayak puding busa lainnya yang pakai putih telur, cuma yang ini pembuatannya lebih mudah lagi soalnya si putih telur alias si busa gak dipaksain buat nyatu alias dibiarkan terpisah saja.

Hasilnya enak, tradisional, kerasa gula merahnya dan emang gak pakai susu atau santan jadi warna dan rasa gula merahnya juga medok banget!




Ingredients:
1200 ml air matang
4 blok gula merah *atau sesuaikan selera manisnya*
Sejumput garam
1 sachet vanili bubuk
2 sachet agar-agar bubuk plain
2 butir putih telur, kocok kaku

Directions:
- Sisir gula merah lalu larutkan dengan air sampai rata tercampur, cicipi rasanya dan sesuaikan manisnya dengan selera kalau kurang manis bisa ditambah, lalu saring sampai bersih. Masukkan vanili, garam, dan agar-agar bubuk, lalu aduk rata.
- Masak larutan agar-agar gula merah sampai mendidih. Angkat
- Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku lalu masukkan larutan agar-agar sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah dibasahi dengan sedikit air agar nanti agar-agar mudah lepas saat dipotong.
- Dinginkan dan sajikan jika agar-agar sudah mengeras.

Tidak ada komentar: