Senin, 20 Oktober 2008

Kue Mangkok Strawberri


Ini resepnya nyontek dari Bunda Esther. Sejak tinggal di Kyoto sampai balik ke Indonesia niat banget pengen bikin ini kuenya, cuma baru sekarang aja kesampaian. Rasanya enak, tradisional dan ini bikin bokap bolak balik terus ngunyah ini kue, hehehehe.......

Cuma.... alamaaaak, ini adonan kelas kakap punya nih alias buanyaaak banget. Saya aja sampe pegel ngukusin ini kue, gak abis-abis adonannya. Saking pegelnya pas adonan terakhir saya kukus pake loyang bolu aja yang gede, pffuiih.......... akhirnya kelar juga :-)

Pengalaman menarik bikin kue ini, pas kukusan pertama saya pake cetakan kue mangkok dari plastik yang diisi penuh, dan hasilnya gak mekar (sedih deeeh!!!), trus kukusan kedua, masih di cetakan plastik tapi adonannya cuma diisi setengah aja, dan tetep gak mekar, pas kukusan ketiga, pake cetakan melamin dan diisi penuh tetap gak mekar, hanya pecah sedikit, dan kukusan keempat baru tokcer mekar sempurna, adonan diisi cuma setengah di cetakan melamin. Finally... i did it!




Ingredients:
Adonan 1 :
250 gr tape singkong
300 gr gula pasir

Adonan 2 :
200 gr tepung terigu
300 cc air
150 gr gula pasir

Adonan 3 :
400 gr tepung beras
400 cc air es

Adonan 4 :
325 cc fanta strawberri (1 kaleng)
2 sdt baking powder
1/2 sdm pasta strawberri



Directions:
- Haluskan adonan 1, mikser tape dan gula sampai halus. Sisihkan
- Adonan 2 : Masak air dan gula sampai hampir mendidih, lalu tuangkan pada tepung terigu, aduk rata, uleni dengan bantuan sendok kayu. Campuran ini harus kental dan agak kenyal, bukan dan jangan kayak bubur, makanya campuran air dan gula harus panas. Campurkan ke dalam adonan 1 (tape).
- Adonan 3 : campur tepung beras dengan air es, aduk sampai kalis lalu masukkan ke dalam adonan 1 (tape), mikser terus sampai semuanya tercampur rata dan adonan halus.
- Masukkan pasta strawberri, baking powder, dan fanta strawberri, mikser lagi biar halus
- Masukkan ke dalam cetakan kue mangkok yang sudah diolesi minyak goreng. Kukus sampai matang dan mekar sekitar 15-20 menit
- Enak dimakan bersama kelapa parut yang setengah muda

Tidak ada komentar: