Jumat, 11 April 2008

Tongseng Kambing



Ini masakan favorit suami yang orang Jawa. Dulu pertama nyoba tongseng di Kanfas alias Kantin Fasilkom UI. Itu kuah tongsengnya iteeeeemmm banget sampe ngeri makannya udah gitu rasa manis kecapnya kerasa banget deh. Gak pengen makan lagi sejak itu. Tapi pas tinggal disini, suami minta bikinin tongseng dan resep yang saya pake dulu masih niru-niru tongseng yang pertama kali saya beli, item dan rasa kecap manisnya nendang banget. Suami sih suka tapi saya tetep kurang suka.

Nah, pas bikin tongseng kali ini sengaja searching2 resep dan kebanyakan di situs2 favorit pake resep yang sama yaitu yang berasal dari Femina. Langsung deh kepincut abis Femina gitu loh, percaya banget deh secara emak saya yang pinter masak aja suka nyontek resep2 Femina, masa' anaknya engga sih?? hehehe..... So dipakai lah resep ini yang lihatnya dari blognya Mba Astri. Wuiiihh.... ini enaaak banget. Dan baru kali ini deh makan tongseng yang rasanya maknyuss dan pas di lidah saya.

Gak percaya??? Buktikan saja sendiri :-)



Ingredients:
500 gr daging kambing dengan sedikit lemak, potong dadu
1/2 bagian kol, rajang kasar
2 sereh, memarkan
4 daun jeruk, robek-robek
5 cengkeh
1 liter santan cair
2 buah tomat, potong-potong
3 sdm kecap manis
10 cabe rawit utuh
sedikit minyak untuk menumis

Bumbu halus :
10 bawang merah
6 bawang putih
3 cabe merah
1 sdt kunyit bubuk
5 kemiri
2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jintan bubuk
2 cm lengkuas
1 sdt merica bubuk
garam dan gula pasir secukupnya

Directions:
- Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan sereh, daun jeruk dan cengkeh. Masukkan daging kambing, masak sampai daging berubah warna.
- Tuang santan dan biarkan sampai kuah mengental lalu masukkan kecap, tomat, dan rajangan kol. Masak sampai sayuran layu.
- Angkat dan sajikan hangat dengan nasi putih. Hhmmm.........

1 komentar:

A.G mengatakan...

wah mesti ini puedes banged ya... cabe rawitnya aja 10 .... hihi