Rabu, 30 April 2008

Onde-Onde Ketan Hitam


Ngobrak-ngabrik dapur ternyata masih ada tepung ketan hitam dan kacang hijau kupas yang belum terpakai. Inget sama postingannya Lisa soal onde-onde ketan hitam ini jadi langsung kepikiran buat dibuat. Ternyata hasilnya enaaaak banget, dan saya bawa ini untuk acara pengajian ternyata langsung ludes katanya enak banget. Saya cuma nyoba satu biji aja padahal pas di rumah dan anak2 juga masing-masing satu soalnya buat ganjel perut aja sebelum berangkat ngaji. Jadi kepikiran pengen bikin lagi deh :-)

Lucunya, pas lagi ngegoreng ini... suami tiba-tiba ngomong gini 'eeeh...itu mau dibawa pengajiannya yah??? buat aku....hhmm....buat aku ditinggalin yah sedikit aja juga gak apa-apa'. Hahaha......... ternyata dia mau, udah kepincut pengen makan onde-onde. Tau gak teman-teman???? ternyata suamiku makan 20 buah sendirian aja. Haaahhhh???? doyan apa doyan :-p

Lisa, thanks banget resepnya yah, top deh :-)



Ingredients:
Bahan Isi:
100 gram kacang hijau kupas,rendam 1 jam
100 ml santan kental
1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam
60 gram gula pasir

Bahan Kulit:
150 gr tepung ketan putih
75 gram tepung ketan hitam
25 gram tepung sagu
180 ml santan
60 gram gula pasir
1/4 sdt garam
100 gram wijen putih
minyak untuk menggoreng


Directions:
Isi: Kukus kacang hijau hingga mekar dan lumak, haluskan. Masak kacang hijau, santan, garam, gula pasir dan daun pandan sambil diaduk hingga kalis. Dinginkan, bentuk bola bola

Rebus santan, garam, dan gula pasir sampai larut. Hangat-hangat tuang ke dalam campuran tepung. Uleni hingga kalis. Ambil adonan kulit, pipihkan dan beri isi. Tutup kembali dan bentuk menjadi bola.
Celupkan ke dalam air, gulingkan di wijen sambil tekan tekan lembut supaya wijen menempel. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga matang.

2 komentar:

chenmarlin mengatakan...

jadi ingin coba, kapan dicontek yah resepnya

www.bdgyes.com mengatakan...

srupp.srupp.. kayaknya enak banget mba.. like this lah
salam kenal.. http://bdgyes.com