Sabtu, 23 Februari 2008

Muffin Ketan Hitam

Sebenarnya ide membuat muffin ketan hitam ini karena kegagalan saya membuat chiffon ketan hitam. Sedih sekali karena tepung ketan hitam yang sengaja saya bawa dari Indonesia saat pulkam kemarin jadi sia-sia, karena gak tanggung2 yang terpakai itu sekitar 350 gr. Daripada bikin cake yang butuh tepung banyak dan resiko gagalnya lumayan besar padahal persediaan tepung terbatas, saya bikin muffin saja. Lihat2 resep muffin yang beredar tampaknya tidak sesuai di hati karena penggunaan telur yang banyak serta dimikser. Buat saya, yang namanya muffin justru no mixer needed dan penggunaan telur maksimal 2 buah untuk tiap resepnya. Dan ini resep yang saya buat berdasarkan trial and error. Ternyata hasilnya memuaskan buat saya dan teman2 yang telah mencobanya pun bilang enak sekali :-)




Berikut adalah resep yang saya gunakan :

Ingredients:
1 cup tepung ketan hitam
1 cup tepung terigu
1 cup gula pasir *di jepun gulanya kurang manis makanya 1 cup, kalo di indonesia mah manis bisa dikurangi 3/4 cup kali yaa*
1 sdm baking powder
1 butir telur
1/2 cup susu low fat
1/3 cup butter/margarin leleh

Directions:
- Campur semua bahan kering, aduk rata.
- Masukan telur, aduk sebentar lalu masukan susu dan butter/margarin, aduk sebentar aja asal kecampur.
- Tuang adonan ke cetakan muffin 3/4 aja soalnya ngembang sih!
- Panggang di oven dalam suhu 180 derajat C sekitar 25 menit sampe matang.
- Sajikan, enak dimakan hangat dengan teh manis. Hhmm...........

Catatan : buat yang suka muffin pure ketan hitam, yah gak usah pake tepung terigu, tapi tepung ketan hitamnya 2 cup. kalo saya suka pake tepung terigu, soalnya teksturnya jadi lebih ringan aja gak terlalu padat, selain itu juga lebih irit, hehehe...... *maklum kalo abis kudu impor lagi*

Tidak ada komentar: