Jumat, 22 Februari 2008

Ikan Rica-rica

Di Jepang sini meski merupakan negara kepulauan, ikan termasuk makanan mewah yang harganya mahal. Karenanya saya jarang mengkonsumsi ikan padahal dulu waktu di Indonesia hampir setiap hari lauknya ikan. Karenanya kalau menemukan ikan yang harganya murah atau sedang sale di supa saya pasti mengolah ikan ini dengan istimewa. Salah satunya adalah dengan bumbu rica-rica ala Manado ini. Rasanya sangat segar dan cocok untuk yang menyukai selera pedas. Yuk dicoba ..........




Resepnya saya modifikasi dari Ayam rica-rica dari bukunya Sufi S.Y, Hidangan Ayam Ala Resto, Jakarta: Gramedia, 2003, hal.54

Berikut resep yang saya gunakan :

Ingredients:
1 ekor ikan laut, potong bulat dengan tebal sesuai selera
2 sdm air jeruk nipis
garam secukupnya
4 sdm minyak goreng untuk menumis
2 batang daun bawang, iris tebal
100 gr tomat, cincang halus
1 ruas ibu jari jahe, memarkan
1 sdt gula pasir

Bumbu digerus kasar :
1 siung bawang bombay
5 siung bawang putih
5 cabe merah merah
10 cabe rawit
1/2 ruas jari kunyit
garam secukupnya


Directions:
- Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
- Tumis bumbu yang sudah digerus kasar hingga harum. Tambahkan daun bawang, tomat cincang, jahe, gula dan garam secukupnya, aduk rata.
- Masukkan ikan, aduk hingga tercampur rata dan ikan berubah warna. Tambahkan sedikit air bila bumbu agak mengering, masak hingga ikan matang.
- Lebih enak kalo diberi sedikit perasan air jeruk nipis biar terasa lebih segar sesaat sebelum diangkat.
- Santap dengan nasi putih hangat.

1 komentar:

Indonesia Eats mengatakan...

gw punya buku ini kikikik toss