Kamis, 13 November 2008

(Edisi Kelapa) Klepon



Sengaja beli kelapa setengah tua parut soalnya mau bikin klepon soalnya juga ada setengah kilo tepung ketan yang blom kepake sama sekali padahal udah lama belinya juga. Kangen banget deh sama si klepon ini.

Dari sekian banyak tukang jajanan lewat dirumah gw, gak ada satupun yang jual klepon, di pasar juga gak ada yang jual. Kalo di rumah Bokap dulu ada yang jual klepon, jualannya malem2 barengan sama kue putu. Bikin klepon ini gampang2 susah ternyata yah, soalnya karena gak punya kapur sirih pas direbus di air mendidih klepon2nya jadi meleyot-meleyot gitu, gak kokoh, dan ada beberapa yang pecah. Payah deh.....

Tapi hasilnya ternyata enak banget, langsung habis dalam sekejap soalnya jadinya cuma 16 biji doang. Lain kali pengen bikin lagi yang banyak aah, didobel resepnya dan pastinya kudu pake air kapur sirih biar hasilnya bagus dan manteb.




Ingredients:
200 gr tepung ketan
150 ml air hangat
½ sdt garam
1 sdt essens pandan
3 sdt air kapur sirih
gula merah, sisir halus untuk bahan isian
kelapa parut ½ tua, kukus dan beri sedikit garam untuk taburan

Directions:
- Campur air hangat, garam, essens pandan, dan air kapur sirih, aduk rata. Tuang ke dalam tepung ketan sambil diuleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
- Ambil sejumput adonan lalu isi dengan 1 sdt gula merah lalu bulatkan. Lakukan sampai adonan habis.
- Rebus bulatan klepon ke dalam air mendidih sampai mengambang, angkat dan tiriskan
- Dalam keadaan panas, gulingkan klepon ke dalam kelapa parut.
- Sajikan sebagai teman minum teh di sore hari :-)

Tidak ada komentar: