Jumat, 28 November 2008

Caramel Cake



Bikin Caramel Cake ini penuh perjuangan loh! Pertama, ini kue 8 telur secara gw jarang-jarang bikin kue dengan telur sebanyak ini. Jadi, sejak awal gw udah membuang rasa bersalah gw jauh-jauh kalo ternyata nantinya gw bikin kolesterol keluarga gw naik, hehehe........... Kedua, bikin ini setelah kedua anak gw ribut total, berantem bow jadi terpaksa gw kudu misahin dulu sampe akhirnya mereka tertidur karena capeknya berantem. Ketiga, setelah gw bikin ini, pas saat mau masukin ke loyang tulban gw, ternyata loyang gw itu bocor alias ada lubang cukup gede, whoaaa..... terpaksa ganti pake loyang segi empat yang sebenernya gak cocok banget buat kue ini. Keempat, setelah taruh adonan ke loyang segi empat dan mau nyalain oven, ternyata listriknya mati. Ajegile..... nyebelin banget deh, nunggu sampe setengah jam lebih ternyata gak nyala juga. Atas saran nyokap gw, coba kalo dikukus aja. Ya udah, gw udah siapin dandang, udah panasin. Sekitar 10 menit itu adonan dikukus ternyata listriknya nyala lagi, ya udah deh buru2 masukin ke oven, sebodo amat kalo gagal hasilnya. Dan terakhir ini kue ternyata gak disukai orang rumah. Bayangin aja, sampe 3 hari, kue ini blom habis-habis juga, kasian banget deh gw. Akhirnya tuh kolesterolnya numpuk di gw semua, hahahaha..........

Lumayan enak sih resepnya, lumayan berhasil juga menurut gw, ada seratnya gitu meski orang rumah gak terlalu suka. Resepnya ngambil di blog Alm. Bunda Inong.




Ingredients:
1 ½ gelas terigu serbaguna
½ gelas tepung maizena
8 butir telur ayam
150 gr margarine
2 sdt soda kue
½ kaleng susu kental manis putih

Bahan Caramel :
2 gelas gula pasir
2 gelas air panas


Directions:
- Caramel : Panaskan gula dalam wajan dengan api sedang sampai meleleh baru tambahkan air panas, aduk-aduk dan dinginkan.
- Kocok margarine dengan susu kental manis sampai kental dan putih lalu masukkan telur satu persatu.
- Masukkan terigu yang sudah dicampur dengan soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang yang sudah beroleskan margarine dan bersemir terigu.
- Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat celcius sampai matang.

1 komentar:

Lidia Sianturi mengatakan...

duh sebuah perjuangan ya Pi? sampe bertubi2 halangannya tp tetep maju...hebat!
kl aku ada deket situ aku mau tuh dibagi kolesterolnya...hehehe...