Kamis, 25 Februari 2010

Pesmol


Ini favorit banget. Gw sukaaaa........ selalu habis sampe ke tulang ikan dan printilan-printilannya. Paling suka sama bikinan nenek gw yang Betawi asli dan minta ajarin sama Nyokap gw.

Sayang pas bikin ini, gw pake kunyit muda yang warnanya gak kereng kuningnya, jadi mild color, hehehe.......... tapi pastinya soal rasa gak ngaruh, teteup enaaaakkk..........

Soal ikan, bisa diganti sesuai yang ada di pasar aja. Mertua paling doyan sama ikan bandeng. Gw suka sama ikan kembung dan keluarga besar gw sukanya sama ikan kakap :-)

Ingredients:
4 ekor ikan kakap, bersihkan dan lumuri dengan jeruk nipis/cuka
10 bawang merah utuh
6 cabe merah keriting, iris tebal melintang
15 buah cabe rawit utuh
2 sereh, memarkan
3 daun salam
gula secukupnya
garam secukupnya
cuka
1/2 gelas air
2 batang daun bawang, iris tebal menyerong
2 batang seledri, iris tebal
minyak untuk menumis

Bumbu halus:
7 bawang merah
4 bawang putih
12 kemiri
1/2 jempol jahe
1/2 jempol kunyit

Directions:
- Goreng ikan kakap sampai matang. Sisihkan.
- Tumis bumbu halus (usahakan agak lama karena bumbu halus ini memakai kemiri yang banyak agar tidak langu). Masukkan salam, sereh, bawang merah utuh, cabe merah dan cabe rawit utuh. Aduk rata. Masukkan air lalu beri garam, cicipi rasanya baru masukkan cuka. Sesuaikan tingkat keasaman yang diinginkan baru terakhir masukkan garam. Biarkan mendidih dan agak mengental. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata sebentar lalu angkat.
- Masukkan ikan kakap goreng, aduk rata
- Sajikan dengan nasi hangat :-)



Tidak ada komentar: