Jumat, 19 Desember 2008

Sayur Godog Labu Siam



Ini masakan pas Idul Adha kemaren. Biasanya nyokap kalo hari raya itu masakannya gulai cubadak dan rendang daging. Tapi kemaren beda banget, sayur godog labu siam sama semur daging, khasnya orang Betawi. Seharusnya sayurnya pake pepaya muda, cuma gak tau kenapa nyokap bilang dia lebih prefer sama labi siam daripada pepaya muda.

Nah, Nyokap tercinta ngajarin gw cara bikin ini sayur biar makin enak. Rahasianya ada di ebi. Kudu pake biar hasilnya maknyuss dan jangan lupa itu labu siam kudu dibejek sama garam biar pas dimasak nanti gak hancur.

Yupp.... ini dia hasil masakan gw sama nyokap, kolaborasi masakan si tukang masak yang doyan makan :-) Sayang gelap fotonya soalnya pas menjelang maghrib baru keingetan difotonya, hehehe.............



Ingredients:
5 buah labu siam, kupas dan iris tipis korek api
2 bungkus ebi, seduh lunak lalu bilas bersih
1 bungkus santan kara (180 ml)
1 papan tempe, potong kotak
1 papan petai, kupas dan belah dua
3 lembar daun salam
2 liter kaldu daging
1 ruas lengkuas, memarkan
sedikit penyedap rasa sapi
garam secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu halus :
15 buah cabai
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
10 butir kemiri
½ kelingking kunyit


Directions:
- Beri irisan labu siam dengan garam, remas-remas dan diamkan sesaat lalu cuci bersih kembali. Ini harus dilakukan agar labu siam tidak hancur menjadi bubur saat dimasak dengan suhu panas yang tinggi.
- Haluskan ebi yang sudah diseduh lunak terpisah dari bumbu halus
- Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan petai. Masak lagi sampai bumbu agak mongering lalu masukkan daun salam, lengkuas, potongan tempe dan labu siam, aduk rata
- Tuangi air kaldu daging ke dalam tumisan, aduk rata perlahan. Beri bumbu-bumbu lainnya lalu cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera.
- Terakhir tuang santan cair, aduk rata lalu masak hinga matang, mendidih, dan rasa menyatu. Angkat.
- Sajikan sayur godog labu siam ini dengan ketupat dan semur daging.

3 komentar:

..fhia.. mengatakan...

menu favorit suamikuuuuu..... mantaab ..apalagi kalo anget-anget yah...

Dapur Bia mengatakan...

Enak .buat hidangan lebaran nih..!

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

mg berguna..