Jumat, 19 Desember 2008

Urap Sayur


Urap sayur yang paling enak menurut gw cuma urap sayur bikinan almarhum nenek tercinta. Dulu, hampir setiap hari pulang dari sekolah SD pasti mampir ke rumah nenek. Blio dulunya suka jualan kue2 tradisional plus urap sayur. Dan urap sayurnya itu selalu habis. Habis karena laku dijual dan dimakanin sama cucu tersayangnya ini, hehehehe...........

Cuma sayang, urap yang gw bikin ini bukan resep asli nenek tapi resep nyokap yang beda dari nenek. Resep asli si nenek adanya di tante gw yang dulu tinggal sama blio dan gw males nelfon cuma nanyain resep urap sayur, hehehe.... Ternyata resep urap nyokap juga enak banget.....sukaaaaa deh!!!

Btw, gw punya cerita lucu tentang kata "URAP" ini. Dari dulu gw kenal urap itu yang nama masakan sayur kayak gini sampe pas gw smp gw dapet selebaran dari temen gw yang agamanya Kristen tentang kegiatan di Gerejanya (dulu pas smp gw blom pake jilbab dan gw suka dikira orang Kristen karena muka gw mirip banget orang batak kata temen2 gw). Nah, selebaran agamanya itu tulisannya tentang Pengurapan dan Urapi dirimu dengan bla...bla...bla...... gw lupa soalnya. Trus, gw bilang sama temen gw yang agamanya Kristen itu, wiiih.......... enak banget yah, di Gereja lo suka ada acara makan urap bareng. Whahahaha.......... temen gw ngakak dan bilang gw tolol *lol*




Ingredients:
1 ikat kangkung, siangi
1 ikat daun kenikir, siangi
2 genggam tauge, siangi
¼ bagian kol, iris halus
½ butir kelapa setengah tua, parut

Bumbu halus :
4 buah cabai merah
1 ruas kencur
1 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
5 tetes cuka
½ sdm gula merah
sedikit terasi
garam secukupnya


Directions:
- Kukus semua sayuran sampai lunak dan maatang. Sisihkan
- Campur semua bumbu dengan kelapa parut lalu sangrai sampai agak mengering
- Masukkan sayuran matang ke dalam parutan kelapa berbumbu
- Masak sebentar sampai rasa menyatu. Angkat dan sajikan

Tidak ada komentar: