Kamis, 04 Desember 2008

Oncom Goreng


Yuhuuu..... jangan ngaku penggemar oncom kalo belom pernah nyoba yang satu ini. Asli, gw selalu ngiler kalo ngeliat ada oncom goreng yang suka dijual abang2 gorengan pinggir jalan. Selalu nelen ludah tapi gak berani beli soalnya rada-rada takut gitu, suka pusing aja. Nah, kalo bikin sendiri mah dijamin gak bakalan pusing soalnya pasti lebih higienis.

Lebih enak lagi kalo oncomnya dari Bandung yang dari kedelai asli itu bukan dari ampas tahu kebanyakan. Sayang, di tempat gw oncom kedelai jarang atau malah hampir gak pernah nemu, tapi gak apa-apa deh tetap enak ini :-)

Kalo orang lebih suka oncom yang kering hasilnya, tapi saya beda. Saya lebih suka oncom goreng yang agak basah makanya sebelum dicampurkan ke adonan pencelup, oncomnya saya cuci dulu biar agak basah, hehehe..... (maksudnya biar bersihan juga sih abisnya agak gimana gitu ngeliat oncom yang penuh jamur :-p)

O, iya, saya pake daun kemangi juga buat kulitnya biar tambah wangiiii !!!!!




Ingredients:
1 papan oncom, potong kotak
150 gr terigu
air secukupnya
2 batang daun bawang, iris halus
1 ikat daun kemangi, petik kuntum
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
penyedap rasa ayam secukupnya

Directions:
- Cuci bersih oncom, lalu tiriskan.
- Buat adonan pencelup dari terigu yang diencerkan dengan air secukupnya jangan terlalu kental ataupun terlalu encer. Masukkan irisan daun bawang dan daun kemangi dan bumbu halus, cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera.
- Celupkan potongan oncom ke adonan pencelup lalu goreng dalam minyak panas, bolak-balik adonan agar warna coklat matangnya merata.
- Angkat dan sajikan hangat.

Tidak ada komentar: