Jumat, 19 Desember 2008

Cake Marmer Kacang



Bikin ini beberapa waktu yang lalu, karena bosen sama chiffon cake mulu (maksudnya sih bosen bikinnya meskipun kostumer tetep doyan banget) dan kepikiran makan bolu biasa dengan cita rasa kacang.

Udah niat banget bikin ini, eeeh pas semua lagi disiapin ternyata margarine-nya gak ada, persediaannya habis akhirnya gw akalin aja, diganti pake minyak goreng. Kalo chiffon pake minyak goreng jadi lembut dan tinggi, trus brownies jadi lebih lembut, eeeeh....bolu ini malah lebih padet dan gak moist jadinya. Kecewa luar biasa. Hasilnya cantik memang dan ditambah kacang, rasanya jadi makin nendang soalnya perpaduan coklat kacang. Tapi semua ini jadi gak asyik karena rasa moistnya berkurang. Zanen..........................

Buat yang mau pake ini, saya jamin enak banget asalkan pake margarine yang dicairkan yah, jangan coba pakai minyak goreng kayak gw, ntar kuciwa loh!





Ingredients:
5 butir telur
1 sdm emulsifier *saya pake SP*
200 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
1 sdm coklat bubuk
1 cup kacang tanah sangrai yang sudah diblender halus
50 ml susu cair
200 ml minyak goreng *sebaiknya pakai 200 gr margarine yang sudah dilelehkan*

Directions:
- Siapkan loyang tulban yang sudah bersemir margarine dan tepung terigu.
- Kocok telur, SP, dan gula pasir sampai kental dan mengembang sekitar 30 menitan dengan kecepatan mikser yang tinggi.
- Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, susu cair, dan minyak goreng/margarine leleh secara bergantian. Kocok dengan mikser speed terendah agar adonan tidak turun.
- Masukkan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang dan sisakan sedikit sekitar sepersepuluh bagian untuk diberi 1 sdm coklat bubuk. Aduk rata
- Tuang bagian adonan coklat ke atas adonan putih lalu aduk dengan garpu dengan cara melingkar ke sepanjang loyang. Adukan sebaiknya searah jarum jam.
- Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat celcius sekitar 45 menit sampai matang. Angkat dan sajikan
- Enak disantap sambil minum teh hangat. Hhmm.........

Tidak ada komentar: