Rabu, 16 Mei 2012

Pastry, Pastry, Pastry


Hhmm...... bikin ini capek, karena lama bergulat dengan adonan tapi habis dalam sekejap. Keluar oven dan baru didinginkan sebentar tiba-tiba hilang. Maklum, bikinnya juga hari minggu kemarin saat orang-orang lagi pada ngumpul di rumah :-)

Resepnya saya ambil dari buku 'Kreasi Roti' Sufi S.Y yang sudah dibeli pas jaman kuliah dulu :-) Dulu banget udah pernah bikin tapi tanpa isi, jadi mirip banget sama croissant ala cafe-cafe gitu. Nah, yang ini dipakein sosis, agak membal or chubby chubby gitu deh, hehehehe.....

Ingredients:
Resep Dasar:
650 gr tepung terigu cakra
15 gr ragi instan
1 sdm gula pasir
50 gr susu bubuk
1 sdt garam
2 kuning telur
250 gr korsvet/lemak lipat/pastry margarine
250 cc air
1 kuning telur, untuk olesan

Bahan Isi:
- sosis sapi panggang

Directions:
- Campur jadi satu tepung terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk, dan garam. Aduk rata.
- Masukan kuning telur ke dalam adonan tepung terigu, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan lembut dan kalis. Bulatkan adonan dan istirahatkan dalam lemari pendingin sekitar 20 menit.
- Keluarkan adonan, lalu giling melebar dan bentuk persegi empat. Letakkan korsvet di bagian tengahnya, lipat ujung adonan ke arah tengah sehingga menutupi korsvet.
- Giling lagi adonan memanjang, lipat tiga adonan dengan cara bagian bawah dilipat ke tengah, bagian atas juga dilipat ke tengah.
- Putar 90 derajat, giling lagi memanjang dan lipat tiga kali seperti cara sebelumnya, dan lakukan sebanyak tiga kali. Setelah lipatan terakhir, masukan adonan ke dalam kulkas sekitar 20 menit.
- Giling adonan melebar dengan ketebalan sekitar 0,3 cm. Bentuk bulat dengan garis tengah 28 cm. Potong-potong adonan hingga berbentuk segitiga lalu bentuk dengan cara menggulung dari bagian terbesar ke yang terkecil. Jika mau diberi sosis maka isi sosis dulu baru digulung.
- Letakkan adonan dalam loyang yang sudah dioles margarine tipis2 dan diamkan hingga mengembang selama 30 menit.
- Olesi permukaannya dengan kuning lalu panggang dalam oven dengan suhu 170 dC sekitar 30 menit.
- Enak disajikan dingin dengan segelas teh manis hangat

Berikut dengan resep yang sama tapi model beda. Ini dibuat dengan cara memotong tanpa terputus adonan yang sudah dicetak persegi panjang. Hasilnya lebih cantik dan dibukunya Sufi S Y itu dinamakan Hotdog Pastry, yasud ikut saja judul itu, hehehe...............


Nah, yang ini diberi filling irisan mangga matang. Sekarang memang bukan musim mangga, tapi percaya tak percaya, pohon mangga di depan rumah tak mengenal musim alias berbuah setiap saat. Orang rumah aja kaget, koq yah nih pohon gak pernah berhenti berbuah, selalu muncul bunga dan buah baru. Mungkin ini berkah karena itu mangga sering banget dikasih ke orang, mulai tetangga, orang lewat, tukang sampah, saudara jauh, sampe saya yang sebelumnya doyan mangga jadi gak terlalu karena saban hari nyicip mangga, hehehe...........

Nah, kebetulan bikin pastry, yasud dicoba-coba isinya mangga matang baru petik, ternyata, wiiiih.... wangi mangga semerbak dan rasanya jadi segar banget. Manteb deh :-)

1 komentar:

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich......hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH