Senin, 28 Juni 2010

Sugar and Salt to Make it Better

Saya suka masak??? Itu pasti. Karena kecintaan saya pada dunia kuliner inilah yang menghantarkan saya membuka blog masak ini. Ingin mendokumentasikan sekaligus berbagi dengan siapa saja mengenai dunia resep ini.

Sayangnya, karena ada beberapa tangan jahil yang sengaja mengambil foto-foto masakan saya di blog ini terus terang membuat saya menjadi "malas" berkarya. Gak jadi masalah kalau mau mengambil resepnya saja, toh saya sendiri juga mencoba resep dari sana sini meski banyak juga yang merupakan resep keluarga. Tapi, gak perlu mengambil foto-fotonya juga khan? atau setidaknya meminta dan melalui persetujuan saya dulu. Dengan senang hati saya akan memberikan softcopy foto-foto itu.

Saya menjadi lebih malas ketika tahu ternyata tidak hanya Ny Ika Wahyuni atau Ny Anis Endang dengan Penerbit Putra Jaya saja yang habis-habisan merampok isi blog saya . Ternyata ada banyak sekali perampok serupa yang beredar. Hampir setiap hari saya naik bis kota pulang pergi ngantor dan hampir sebanyak itu pula saya menemukan buku-buku resep yang menggunakan resep dan foto-foto saya. Ternyata.... blog saya laku juga untuk dijual ya :-DD

Awalnya stress alias kepikiran juga, malas mendokumentasikan hasil masakan saya,membuat saya malas mengisi blog, bahkan mengintip blog saya sendiri pun enggan. Sampai saya menonton film Julie and Julia. So inspiring movie! Sebagai blogger di dunia kuliner saya harus punya visi dan misi (hahaha.... klise sekali), but that's true. Terus terang saja, ketika Julie Powell berbahagia mendapatkan sekian komentar untuk postingannya, saya merasa dejavu. Karena saya pun demikian. Ada kebahagiaan ketika orang bertanya kepada kita mengenai postingannya, memberikan komentar manis atau bahkan sedikit mencibir (ini beneran loh ketika ada orang yang mengatakan bahwa dia selalu gagal menggunakan resep saya dan bertanya langsung ke saya apakah resepnya bener atau tidak, hahahaha...) atau bahkan ada yang langsung mengirimkan surat-surat ke e-mail saya untuk menanyakan apakah saya mau menciptakan resep2 khusus untuk beliau karena ybs mau membuka industri penganan. Whoaa..... i was very suprised, although I eventually did not respond specifically because of my busyness. Sorry for that :-)

Yeah..... i love to cook and just like my first letter in this blog said
that "this blog is where i put my loving expression of culinary". Maybe those robbery blog content are just like sugar and salt to make food taste better. To make my self better :-)

Let's work because if we are afraid to create something for fear of being stolen, we have nothing. Thief is a thief, although we keep our stuff carefully, whose name thief can always find a way to steal it.

3 komentar:

Okta Wiguna mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Okta Wiguna mengatakan...

izin mengutip ceritanya ya, buat tulisan blog saya di http://blog.tempointeraktif.com/buku/resep-curian-di-dapur-penerbit/

elly.s mengatakan...

turut sedih akan "perampokan" itu mbak..
Gitulah negara kita dr dulu mbak..senengnya "temen makan temen"..
Aq juga postingin tulisan bung Okta di notes Fb ku sebagai dukungan padamu mbak..
tukeran link yuk..htt://elly-salman.blogspot.com