Rabu, 21 Maret 2012

Rempeyek Udang


Nah ini kedoyanan orang rumah, yang biasanya gak tahan lama di meja makan alias langsung habis diserbu karena saking enaknya. Apalagi hubby yang doyan banget sama yang namanya udang. Rempeyek ini rasanya lebih manteb daripada rempeyek udang yang ada di Rumah Makan Padang karena di sana biasanya kulit rempeyeknya tebal dan agak keras, udangnya sedikit pula plus muahaaallll. Nah, mending bikin sendiri dengan resep nyokap yang sudah kadung sesuai dengan lidah keluarga.

O, iya ada catatan penting. Dalam membuat rempeyek biasanya ada yang menghindari penggunaan telur karena telur membuat garingnya rempeyek tidak tahan lama. Resep ini menggunakan telur karena penggunaan telur menambah gurih dan sedap serta mempercantik adonan dan tidak membuat adonan lengket di wajan. Tapi jika ingin tetap cantik, enak, gurih plus lebih tahan lama sampai seharian, sebaiknya yang dipakai putih telur saja, kuningnya disimpan untuk bikin kue :-)



Ingredients:
250 gr tepung beras
250 gr udang ukuran kecil *cuci bersih, buang kepala*
1 butir telur
air secukupnya
1 lembar daun kunyit *, buang tulang dan iris halus memanjang*
garam secukupnya
penyedap rasa ayam *optional*

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1/2 ruas jari kunyit
1 sdt ketumbar


Directions:
- campur jadi satu tepung beras, telur, garam, penyedap rasa, dan air. adonan tepung jangan terlalu cair tapi tidak juga terlalu kental. aduk rata.
- masukan bumbu halus, aduk rata.
- masukan udang dan irisan daun kunyit.
- ambil satu sendok sayur adonan rempeyek dan goreng dalam minyak yang panasnya sedang sampai matang dan berwarna kuning keemasan.
- angkat dan tiriskan. Sajikan sebagai pelengkap makan siang/malam.

Tidak ada komentar: